Update Template Median UI v1.4

Pembaharuan terbaru untuk template Median UI v1.4, perubahan dan penambahan fitur baru

Secara garis besar pembaruan kali ini tidak berfokus pada tampilan template tapi lebih ke perbaikan, penyederhanaan serta penulisan ulang kode HTML dan CSS-nya. Beberapa fitur juga kami tambahkan untuk memenuhi beberapa saran dan kritik dari pengguna template ini.

Berbarengan dengan itu kami juga menghapus beberapa fitur seperti slider yang tidak terlalu di perlukan oleh kebanyakan pengguna.

Penulisan ulang atau penyederhanaan kode HTML dan CSS

Pada versi sebelumnya (1.3) kode CSS dan HTML nya sedikit terlalu besar, hingga ketika mengubahnya kedalam versi AMP kami harus membagi dan menuliskan ulang agar templatenya lolos validasi AMP. Agar kode CSS-nya lebih ringan kami menulis ulang beberapa bagian serta menyederhanakan kode CSSnya agar tidak memberatkan loading blog.

Ada format postingan baru juga yang ditambahkan yaitu Block note seperti block untuk memberitahukan pembaca tentang info tertentu, tampilannya seperti dibawah ini:

Teks_anda_disini

Teks_anda_disini

Membatasi jumlah baris pada judul artikel

Pada beberapa blog yang menggunakan template ini kerap kali kami temukan artikel dengan judul panjang yang kurang enak dipandang menurut kami,. Agar tampilan templatenya lebih rapi, sekarang kami membatasi jumlah baris pada judul artikel menjadi maksimal hanya 3 baris saja dan maksimal 2 baris pada beberapa bagian.

Untuk anda yang tidak setuju dengan ini, anda bisa mengembalikannya ke tampilan semula yang menampilkan keseluruhan judul artikel dengan cara menghapus kode seperti dibawah ini

-webkit-line-clamp:3;

Ada beberapa kode seperti diatas pada kode HTML template silahkan anda hapus semuanya.

Kalimat default otomatis berubah sesuai bahasa blog yang dipilih

Karena beberapa pengguna template ini kesulitan mengubah teks bawaan pada template, maka kami menambahkan tag conditional khusus yang mengubah teks bawaan pada template secara otomatis ketika bahasa blog yang dipilih bukan bahasa Indonesia, untuk menguji coba-nya silahkan anda ubah bahasa blog Anda menjadi bahasa ingris atau bahasa lainnya.

  • Pada dashboard Blogger pilih Setelan
  • Pilih Bahasa blog > English
  • Klik Simpan

Perbaikan responsive pada desktop dengan resolusi 1080p

Kami baru menyadari hal ini setelah beberapa bulan template ini dirilis, tampilan terbaik pada template ini adalah ketika blog dibukan pada desktop dengan resolusi 1366px dan pada mobile 480px.

Ketika blog dibuka pada layar yang lebih tinggi dari yang disebutkan diatas tampilannya menjadi kurang enak dipandang mata dan berantakan, untuk itu pada update kali ini kami sudah menambahkan kode CSS responsive untuk ukuran layar diatas 1366px, silahkan zoom out tampilan blog demo ini pada browser anda untuk melihat perubahannya

Penyederhanaan beberapa tampilan widget

Ada beberapa widget yang tampilannya lebih disederhanakan pada update kali ini agar lebih serasi dengan desain template keseluruhan

Perubahan icon SVG

Perubahan pada fitur TOC

Pada table of content otomatis kami mempertahankan tampilan desktop (melayang disamping) pada mobile yang sebelumnya ada pada bagian atas sebelum judul. Kami menilai tampilan ini lebih baik karena user bisa melihat daftar isi postingan dengan mudah tanpa harus scroll ke halaman atas terlebih dahulu

Perbaikan pada fitur Post tabs

Pada awalnya anda hanya bisa menambahkan maksimal 2 tabs pada setiap postingan, sekarang anda bisa menambahkan tabs dengan jumlah maksimal 5 tabs pada setiap postingan.

Menambahkan fitur Reading time pada halaman posting

Reading time berguna untuk menentukan estimasi waktu yang diperlukan untuk membaca sebuah artikel sampai selesai.

Modifikasi tambahan pada komentar Blogger

Sedikit modifikasi tambahan pada komentar blogger yang sudah kami terapkan pada template Fletro Pro sebelumnya, dan kini juga sudah diterapkan pada template ini.

Sekarang anda bisa mengubah urutan komentar dari terlama ke terbaru

Defaultnya urutan komentar blogger ditampilkan dari yang terlama sampai terbaru, sekarang anda bisa mengubah urutannya menjadi komentar terbaru yang ditampilkan diawal

Menambahkan script timeago pada stempel waktu komentar

Agar tampilannya lebih keren lagi kami menambahkan script timeago untuk mengubah timestamp pada komentar menjadi menampilkan berapa lama komentar itu sudah ditulis. Sayangnya script ini hanya bekerja maksimal ketika Bahasa blog diubah menjadi Inggris, karena itu kami menonaktifkan script ini ketika bahasa blog yang dipilih bukan bahasa inggris.

Menambahkan fitur berkomentar dengan gambar, kode, atau quote

Seperti pada komentar disqus, sekarang anda bisa menambahkan gambar, kode, quote pada komenta Blogger

  1. Untuk menambahkan kode HTML, CSS atau Script silahkan gunakan format ini pada kolom komentar: <i rel="pre">code_here</i>
  2. Gunakan format ini untuk menambahkan quote: <b rel="quote">your_qoute</b>
  3. Salin url gambar anda pada kode ini: <i rel="image">url_image_here</i>