New Features in Median UI v1.5 Theme

New Features in Median UI v1.5 Theme
Median UI v1.5 resmi rilis pada tanggal 13 Mei 2021

Selain perbaikan dan perubahan tampilan template, pada pembaruan kali ini kamu juga menambahkan beberapa fitur baru yang mungkin bisa berguna untuk blog Anda.

Widget Baru

Header Notifikasi

Silahkan aktifkan fitur ini melalui Tata letak Blogger, akan muncul sebuah blog baru di bagian atas Header yang berisi teks pemberitahuan kepada pembaca yang bisa di ciutkan.

Anda bisa meletakkan iklan teks disini, kami juga menambahkan tombol link yang bisa Anda aktifkan dengan mudah.

Menu Navigasi yang Lebih Simpel

Kami menyadari tidak semua orang mengerti tentang HTML, maka dari itu kami memberikan alternatif menu navigasi yang bisa di edit langsung melalui Tata letak Blogger. Hanya saja kekurangan dari menu ini adalah ikon yang terbatas dan tidak bisa menambahkan dropdown.

Kedepannya kami akan mencoba bereksperimen lagi untuk menyempurkan widget ini.

Widget Slider

Widget ini tersedia pada versi lawas 1.3, namun karena belum sempurna(masih ada bug) maka kami memutuskan untuk menghapusnya pada versi 1.4.

Sekarang widget ini sudah dikembalikan pada versi 1.5 dengan penggunaan yang lebih mudah.

Pop-up Widget Profile

Jika pada versi sebelumnya widget ini berada di sidebar, maka pada update ini kami memindahkannya ke bagian header dan menambahkan menu pop-up. Konsepnya sama seperti Profile box yang terdapat dalam platform Google.

Widget ini hanya akan tampil pada halaman beranda dan otomatis di hilangkan pada tampilan AMP(?amp=1)

Halaman Postingan Khusus

Kami juga menambahkan 3 halaman postingan khusus yang dapat anda aktifkan dengan cukup hanya menggunakan label tertentu.

Label yang dapat digunakan untuk mengaktifkan halaman ini diantaranya : Fullpage, Sponsored, Product. Ketika anda menggunakan salah satu label ini, tampilan artikel pada halaman beranda juga ikut berubah termasuk juga pada widget Featured Post dan Popular Posts.

Anda bisa merubah nama label diatas dengan label yang Anda inginkan

Style Postingan Baru

Beberapa style postingan baru juga ditambahkan seperti Grid image, Scroll image dan lainnya. Kami juga menulis ulang semua kode style postingan. Silahkan kunjungi halaman ini untuk melihat daftar lengkapnya.

Dikarenakan kami merubah semua className dan ID pada semua style postingan, kemungkinan layout artikel Anda yang menggunakan style versi sebelumnya (v1.4) akan terlihat berantakan. Kami punya alasan tersendiri untuk ini.

Pop-up Komentar Blogger

Kini fitur pop-up komentar juga hadir pada template Median UI dengan tampilan yang lebih sederhana dan disempurnakan, Anda juga dapat menonaktifkan fitur ini dengan mudah, kami sudah menyediakan panduan untuk ini.

Fitur ini dinonaktifkan pada tampilan AMP(?amp=1), karena masalah iframe komentar yang tidak dapat dimuat pada element yang disembunyikan.

Komentar Disqus onScroll

Berbeda dengan komentar Disqus yang sudah tersedia sebelumnya, dengan fitur ini Anda tidak perlu lagi menekan tombol untuk mengaktifkan komentar. Komentar Disqus akan otomatis dimuat ketika user melakukan scroll sampai pada pada bagian bawah postingan.